Info Online - Merunut perkembangan sejarah komunikasi, setelah interpersonal meningkat menjadi komunikasi kelompok dan komunikasi organisasi, disusul komunikasi yang dilakukan melalui media massa, dan kini kita berada di era media baru (new media).Komunikasi bermedia tentunya lebih banyak membantu, terutama daya sebaran informasi yang masif atau mampu menjangkau audiens dalam lingkup luas/jumlahnya relatif besar. Sekat-sekat berupa jarak/ruang dan waktu semakin dapat ditembus bahkan kini aktivitas komunikasi menjadi semakin intens dan real time berkat kemajuan teknologi sebagai pendukungnya.
Persoalan yang patut dikemukakan adalah untuk apakah kita bermedia atau untuk apa kita saban hari memanfaatkan media? Dalam perspektif komunikasi, pertanyaan tersebut akan dapat dijawab bilamana dipahami terlebih dahulu tentang fungsi dasar media. Pelaksanaan dari fungsi tersebutlah kemudian akan membuahkan peranan yang dapat dipetik atas kehadiran media di hadapan kita.
Perlu dipahami bahwa fungsi media pada dasarnya to inform memberikan informasi. Fungsi ini jika ditelusuri lebih jauh dan dilakukan secara terus menerus maka muncul apa yang dinamakan peranan. Ada pun peranan itu di antaranya dapat disebutkan yakni sebagai: (1) penghubung, (2) pembentuk pendapat umum/opini publik, (3) penambah pengetahuan/wawasan, pendidik massa, (4) pengontrol atau kontrol sosial, dan (5) penghibur kalangan luas.
Dari secuplik paparan di atas, tentu saja anda akan dapat menjawab pertanyaan seperti ditulis dalam judul tuisan ini. Untuk apa kita bermedia? Apakah bermedia hanya sekadar connecting? Menggiring atau membentuk opini publik? Melakukan kontrol sosial (yang konstruktif), atau sekadar mencari tambahan pengetahuan/wawasan? Boleh juga bahkan sah-sah saja jika bermedia tidak lebih hanya sekadar mencari hiburan? Silakan pilih dan selamat bermedia, semoga semakin sejahtera batin dan lahir seiring akselerasi zaman.
0 komentar
Posting Komentar