TUKAR LINK


Arsip Blog

Followers

Tips Dan Cara Membuat Surat Rekomendasi


Info Online - Surat rekomendasi atau letter of recommendation biasanya menjadi salah satu syarat pendaftaran studi pascasarjana. Surat ini ditulis oleh orang-orang yang dapat memberikan penilaian tentang kinerja dan kepribadianmu, untuk mendukung aplikasi studimu.

Selain dari sisi akademik, kamu juga bisa mendapatkan surat rekomendasimu dari atasan di kantor, atau penanggung jawab organisasi yang kamu ikuti.
Berikut adalah berberapa tips cara membuat surat rekomendasi diantaranya:

1.Fokus pada konten
Kesalahpahaman yang biasa terjadi adalah pelamar berpikir status pribadi atau profesional seorang penulis surat akan mempengaruhi penilaian panitia penerimaan. Padahal, surat rekomendasi terbaik adalah yang memberikan deskripsi rinci tentang pelamar studi atau beasiswa.

Aspek yang biasa disampaikan dalam surat rekomendasi adalah kemampuan penalaran kritis, analitis, dan keterampilan penelitian pemohon beserta kemampuan menulisnya. Kreativitas, keuletan, dan daya saing yang dimiliki pemohon untuk sukses dalam studi pascasarjana juga termasuk dalam konten sebuah surat rekomendasi.

Kamu pasti ingin surat rekomendasimu menyampaikan kualitasmu, baik itu di ruang kuliah, lingkungan pekerjaan, atau kegiatan organisasi. Karena itu, orang yang dapat menulis surat rekomendasi adalah mereka yang mengenalmu dengan baik di lingkungan pergaulan dan profesionalmu seperti dosen atau atasanmu di kantor.
2. Lebih proaktif
Poin penting dalam mendapatkan surat rekomendasi adalah kamu harus proaktif. Kamu harus mengatur pertemuan secara pribadi, jika memungkinkan, atau melalui telepon dengan mereka yang inginkan memberi surat rekomendasi.

Dengan bertemu langsung, kamu dapat berdiskusi dengan calon penulis surat rekomendasimu tentang tujuan, minat karier, dan sekolah-sekolah yang kamu rencanakan sebagai tempat studi.

Ketika meminta tolong kepada seseorang untuk menulis surat rekomendasi, pastikan orang tersebut mampu menulis surat rekomendasi yang kuat untukmu dan memiliki waktu untuk melakukannya.

Tanyakan juga, apa yang dapat kamu lakukan untuk mempermudah proses penulisannya. Misalnya dengan menyediakan curriculum vitae (CV) atau contoh hasil kerjamu.

3.Waktu Yang Tepat
Mintalah surat rekomendasi lebih awal dari tenggat waktu pendaftaran studi pascasarjana atau beasiswa yang kamu incar. Dengan begitu, kamu dapat memastikan berkas aplikasimu akan tiba di kampus tujuan tepat waktu.

Kamu bisa juga menyiapkan draf surat rekomendasi yang kamu inginkan jauh-jauh hari sebelum mendekati perekomendasimu. Cara ini akan memberi mereka keleluasaan waktu dalam menyesuaikan draf surat mereka dengan kebutuhanmu. Bahkan, komentar mereka benar-benar dapat berfungsi menguatkan aplikasimu. sumber.

0 komentar

Posting Komentar